4 Cara Mengurangi Kesalahan Input Data

mengurangi kesalahan

Memasukkan data memiliki peranan penting terutama untuk pengelolaan data. Kesalahan dalam input data akan memberikan dampak yang yang kurang baik untuk jangka pendek ataupun panjang. Siapa saja bisa melakukan kesalahan. Baik pemula ataupun orang yang sudah ahli sekalipun.

Untuk mengurangi kesalahan saat memasukkan data, entah apapun itu, menurut Raymond McLeod (2011), ada 4 cara yang bisa Anda coba. Cara tersebut yaitu:

  1.       Pencegahan kesalahan

Ada banyak cara pencegahan kesalahan memasukkan data. Misalnya penggunaan interface untuk memasukkan data yang tidak bisa diubah. Misalnya yang bisa merubah hanya programmer saja. Bisa juga dengan memproteksi bagian data yang rawan terjadi kesalahan. Dengan begitu bagian yang diproteksi tersebut hanya bisa diakses oleh orang tertentu.

Bisa juga dengan cara bagaimana memasukkan data. Jika awalnya untuk memasukkan data bisa di-enter, Anda bisa merubahnya hanya dengan klik tombol dengan kursor. Dengan begitu, kesalahan enter data saat data belum selesai ditulis bisa diminimalisir.

  1.       Pendeteksian Kesalahan

Untuk mendeteksi kesalahan saat data dimasukkan, maka harus ada pengecekan ulang ataupun auto correct. Misalnya menggunakan excel. Dalam program tersebut, Anda memang bisa mencatat, melakukan perhitungan, edit dan pengaturan sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun, excel tidak memiliki fitur untuk mendeteksi kesalahan. Misalnya typo.

Jika memungkinkan, gunakan software untuk memasukkan data yang dilengkapi dengan pendeteksi kesalahan. Misalnya fitur koreksi jika ada kata yang salah. Dengan begitu, Anda tidak hanya meminimalisir kesalahan namun juga menghemat waktu dan tenaga.

  1.       Perbaikan Kesalahan

Perbaikan kesalahan dalam hal ini bisa berupa kemampuan user untuk mengganti data yang salah yang sudah dimasukkan. Bisa juga mengenai fitur undo sehingga Anda bisa mengembalikan tampilan atau data ke format atau pengaturan yang sebelumnya.

kroscek nomor kartu kredit

  1.       Menempatkan Penanganan Kesalahan dalam Suatu Perspektif

Cara ini adalah memaksimalkan peluang data yang dimasukkan dengan akurat. Namun, fitur yang lengkap akan berbanding lurus dengan harga. jadi, misalnya Anda menginginkan software untuk memasukkan data yang mempunyai fitur lengkap, maka Anda harus bersiap menyiapkan budget lebih.

Selain menggunakan software atau program yang mempunyai fitur lengkap, ada cara lain untuk mengurangi kesalahan input. Caranya adalah dengan lebih berkonsentrasi saat memasukkan data. Setelah selesai, Anda bisa melakukan kroscek dari data yang Anda masukkan.

Dengan begitu, setidaknya Anda bisa meminimalisir efek yang merusak untuk organisasi atau perusahaan atau kelompok. Semoga informasi ini bermanfaat!