4 Tren Desain Logo di Industri 4.0, Yang Mana Logomu?

4 Tren Desain Logo di Industri 4.0, Yang Mana Logomu?

Bicara tentang tren desain logo di Industri 4.0, apa yang pertama terlintas dalam pikiran?

Beberapa orang pasti memiliki persepsi yang sama, yaitu:

  • Logonya buat jualan produk barang atau jasa
  • Jualannya online melalui website atau media sosial

Ya, inilah Industri 4.0, trennya memang berkisah tentang topik-topik bisnis melalui kanal internet. Artinya kebutuhan akan jasa desain logo biasanya untuk menunjang online marketing.

Di mana logo ini akan tercantum dalam:

  • Desain Kemasan
  • Foto Profil
  • Foto Produk
  • Website
  • Feed Instagram
  • Stiker

Pokoknya logo ini fungsinya banyak banget deh. Tujuan pembuatannya yang paling penting itu buat Watermarking dan Branding, yakni proses pelekatan identitas yang khas pada bisnisnya.

Mau tahu nggak tren desain logo di Industri 4.0? Kira-kira model logo seperti apa aja sih yang diminati para pelaku usaha zaman sekarang?

Di bawah ini adalah istilah-istilah yang kami buat sendiri buat menunjukkan model-model logo kekinian yang banyak diminati.

  1. Desain Logo Lettering

Tren desain logo di Industri 4.0 yang pertama adalah “Lettering Logo”. Ini adalah teknik pembuatan logo dengan komposisi berupa font, tulisan atau huruf belaka.

Logo dibuat untuk memperkenalkan nama pelaku usaha atau produknya. Cocok sekali untuk pemula bisnis online supaya brandnya lebih terkenal.

Lettering Logo yang dibuat dengan custom font (font khusus/free style) maupun font yang sudah disediakan oleh berbagai software desain grafis.

Di bawah ini adalah contoh-contoh Lettering Logo, ada yang minat dibuatin?

  1. Iconic Logo

Beda dengan Lettering yang menonjolkan “kejelasan identitas brand melalui tulisan”, Logo yang ikonik justru berusaha mengurangi penggunaan font semaksimal mungkin.

Ia bisa berwujud satu huruf yang mewakili brand seluruhnya. Atau cukup pakai gambar ilustrasi kecil yang sifatnya simbolik. Tujuannya adalah agar lebih mudah diingat oleh customer.

Daripada bingung sama pengertian di atas, nih langsung aja dilihat contoh-contoh Iconik Logo yang bisa ditiru:

 

  1. Animatic Logo

Istilah ini memang terkesan sangat baru, tapi ya inilah yang paling cocok menggambarkan tren desain logo di Industri 4.0. Animatic Logo adalah sebuah revolusi dari Lettering dan Iconic.

Komposisinya berupa tulisan dan gambar yang lebih rumit, jadi mirip sama Doodle gitu. Logo jenis ini cocok banget buat dipakai pelaku bisnis yang ingin menunjukkan citra brand yang kreatif, ceria dan supel.

Untuk membuat logo animatik biasanya dibutuhkan jasa desain logo yang mahir untuk painting dan drawing. Supaya hasilnya bisa maksimal seperti contoh-contoh di bawah ini:

  1. Liquid Logo

Duh, aneh-aneh aja ya istilah tren desain logo di Industri 4.0? Mendengar kata liquid jadi ingat sama sabun cuci piring. Tapi ya memang secair itulah komposisi logo ini.

Liquid Logo adalah jenis logo yang fleksibel bentuk dan fungsinya sehingga ia memungkinkan untuk ditempatkan di media apapun.

Misalnya buat jadi foto profil Whatsapp Business bagus, buat stiker keren, buat ditempelin di desain kemasan juga oke. Intinya ini logo benar-benar ready to print!

Kayak apa ya Liquid Logo? Contohnya bisa dilihat di bawah ini.

Nah, dari 4 tren desain logo di Industri 4.0 ini, manakah yang paling cocok mewakili bisnismu? Serahkan pembuatannya pada jasa desain logo sambil perlihatkan contohnya ya. Soalnya istilah-istilah di atas belum lazim terdengar.