4 Trik agar Desain Dus Makanan Lebih Menarik

4 Trik agar Desain Dus Makanan Lebih Menarik

Biasanya, makanan dikemas dalam box atau kardus atau dus. Penggunaan dus ini pada dasarnya adalah untuk wadah dan sebagai pelindung makanan yang ada di dalamnya. Namun, seiring perkembangannya, desain dus makanan dipikirkan secara matang untuk tujuan pemasaran, seperti branding.

Dalam pembuatan desain dus makanan yang menarik, ada 4 hal yang tidak boleh Anda lewatkan/. 4 hal tersebut adalah:

  • Bentuk yang Sesuai

Apa maksudnya? Maksudnya adalah sesuaikan produk makanan dengan produk yang Anda miliki. Jika produk makanan Anda ditujukan untuk kalangan pria, maka Anda bisa menggunakan box dengan bentuk persegi panjang yang kokoh. Sedangkan untuk target pasar wanita, Anda bisa membuatnya sedikit melengkung.

4 Trik agar Desain Dus Makanan Lebih Menarik
4 Trik agar Desain Dus Makanan Lebih Menarik

Walaupun begitu, Anda tetap harus mempertimbangkan hal lainnya. Misalnya apakah dengan bentuk kemasan tersebut, produk bisa terlindungi dengan baik atau tidak. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan desainer kemasan untuk mendapatkan kemasan terbaik.

  • Warna

Jangan melupakan warna saat Anda mendesain dus untuk makanan. Kenapa? karena dari warna kemasa, akan berpengaruh pada selera atau minat makan konsumen Anda.

Bahkan, kemasan produk berpengaruh pada tingkat pembelian lho. Misalnya orang yang suka pedas akan cenderung memilih kemasan yang berwarna merah. Tapi, Anda tetap dapat menyesuaikan warna kemasan dengan produk yang Anda miliki dan kesan atau pesan yang ingin disampaikan.

  • Logo

Tempatkan logo di posisi yang pas, mudah terlihat dan tidak mengganggu komposisi desain kemasan. Jika logo terlihat dengan baik, maka akan mempermudah branding.

Jika perlu, kemasan bisa mengikuti  desain logo keren. Misalnya mengambil warna yang ada ada logo. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kesatuan antara produk dan kemasan sehingga terlihat lebih menarik.

  • Mudah Dimengerti

Banyak produk yang sebenarnya bermanfaat namun kurang disukai oleh konsumen karena susah untuk dimengerti. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika Anda tidak mencantumkan keterangan apapun di kemasan. Misalnya bagaimana cara memakan makanan tersebut untuk mendapatkan cita rasa terbaik.

Jangan lupa untuk pertikan bahasanya. Jangan menggunakan bahasa yang tidak dimengerti oleh public. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan 2 bahasa sekaligus yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dengan begitu, baik orang Indonesia ataupun WNA yang makan makanan Anda, akan mengerti dan memahami tentang produk yang Anda jual.

Selain itu, sebaiknya gunakan kalimat yang sederhana. Penggunaan kalimat yang pendek tentu akan lebih mudah dipahami. Bahkan oleh anak kecil sekalipun. Jadi, sebisa mungkin untuk menggunakan kalimat yang pendek di kemasan makanan Anda ya.

Dengan mempertimbangkan 4 hal tersebut, Anda akan memperoleh desain dus makanan yang keren. Jangan lupa untuk memperhatikan komposisi secara keseluruhan, mulai dari gambar, warna dan tulisan, agar dus kemasan produk Anda semakin menarik.