Apa Itu Freelancer ? Ini Yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu pernah mendengar kata-kata seperti freelance atau freelancer ? Mungkin kita tidak asing dengan kata tersebut. Tapi apakah kamu cukup paham dengan artinya ?Jangan khawatir, bagi yang belum mengetahui apa itu freelancer , kamu bisa membaca penjelasan di bawah ini.

Freelancer adalah sebutan untuk pekerja lepas atau sebutan untuk orang yang mengerjakan pekerjaan freelance. Berasal dari kata freelance, arti dari kata ini cukup nik, lho! Freelance yang berarti tombak bebas, berawal dari Sir Wlter Scott yang memberi julukan kepada para tentara bayaran. Freelance merupakan metafora dengan arti khusus tidak disumpah untuk melayani perintah dari siapapun, tetapi juga tidak gratis untuk dapat menggunakan jasanya.

Jadi kesimpulannya, freelance adalah pekerjaan bebas dan tidak terikat kontrak yang mengikat dalam jangka panjang antara pekerja dan klien yang memesan jasa dari pekerja tersebut. Semua orang yang menjadi pekerja lepas disebut sebagai freelancer.

Apa yang dikerjakan seorang freelancer ?

Pekerjaan freelancer biasanya tidak memakan waktu lama. Beberapa contoh pekerjaannya antara lain sebagai penulis artikel untuk sebuah situ website, entri data, jasa fotografi dan foto produk (baca juga tips memilih jasa foto produk), jasa programmer dan lain sebagainya. Sebenarnya ada perjanjian antara klien dan freelancer meskipun perjanjian tersebut bersifat tidak resmi. Antara freelancer dan klien membuat perjanjian secara tertulis tetapi tidak di atas meterai, dan hanya dilakukan melalui perjanjian lisan sesuai sifat pekerjaan tersebut. Perjanjian ini membahas mengenai target penyelesaian pekerjaan dan upah yang dibayarkan.

Apa keuntungan menjadi freelancer ?

Keuntungan menjadi freelancer adalah bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. Banyak yang menjadi freelancer sebagai pekerjaan sampingan, dimana tidak akan mengganggu pekerjaan utama. Selain itu pekerjaan lepas seperti ini dapat menambah penghasilan. Hasilnya cukup lumayan jika rutin dikerjakan.

Bagaimana cara menjadi freelancer ?

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih pekerjaan yang sesuai dengan keahlian. Hal ini penting dilakukan agar klien puas dengan hasil pekerjaan kita.
  • Memiliki pengalaman kerja cukup membantu calon freelancer agar cukup piawai dalam mengelola pekerjaannya.
  • Rutin mencari pekerjaan dengan melakukan penawaran atau mencari informasi mengenai pekerjaan yang akan kita geluti.
  • Mendaftarkan diri pada situs freelance menjadi salah satu cara untuk menjadi seorang freelancer. Di dalam situs tersebut, kamu akan dipermudah dalam hal menawarkan jasa pekerjaan serta berpeluang mendapatkan pekerjaan dari klien yang sesuai dengan kemampuan. Situs freelancer ini juga bersifat gratis lho !

Yang terpenting adalah pekerjaan yang akan kamu pilih nantinya harus sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki agar cap “freelancer terbaik” dapat kamu peroleh dan klien akan terus menggunakan jasa yang kamu tawarkan. Tetap semangat, para freelancer!