Apa itu Jurusan Arsitektur dan Apa yang Dipelajari

Mungkin anda sudah tidak asing lagi bukan ketika mendengar mengenai jurusan arsitektur? Pasti anda sebagai orang awam pun tahu bahwa pekerjaan arsitek ini merupakan pekerjaan yang memiliki tugas untuk membuat desain atau rancangan dari sebuah bangunan. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk membahas mengenai apa itu jurusan arsitektur dan juga membahas apa saja yang dipelajari di jurusan ini. Simak ulasan lengkapnya jika anda tertarik untuk mempelajari jurusan ini.

Deskripsi jurusan arsitektur

Jurusan arsitektur meurpakan salah satu jenis jurusan yang cukup populer di Indonesia. Arsitektur merupakan salah satu bidang yang menekuni ke arah teknik, seni, dan juga estetika. Di jurusan ini, anda akan mempelajari bagaimana cara untuk membuat rancangan atau desain bangunan sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan beberapa aspek seperti misalnya nilai fungsi, keindahan, dan juga kemanan. Kemudian bangunan yang dibangun untuk jurusan arsitektur ini tidak terbatas hanya rumah saja, namun bisa membangun gedung, hingga taman sekalipun. Bahkan sebagai seorang arsitek nantinya anda bisa membuat desain rumah kos-kosan

Pengetahuan dan keahlian yang harus dimiliki seorang arsitek

Jika tadi kita sudah tahu mengenai apa itu jurusan arsitektur, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk tahu apa saja kemampuan dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang arsitek sehingga jika nantinya anda ingin menjadi arsitek, anda sudah menyiapkan hal ini. Untuk menjadi seorang arsitek maka anda diharuskan untuk memiliki kreativitas yang tinggi, kemampuan mendesain bangunan, kemampuan dalam melakukan perencanaan anggaran, kemampuan untuk membuat analisis, memiliki pemahaman gambar 2D dan 3D, serta menjadi pribadi yang detail oriented.

Mengapa harus memilih jurusan ini?

Banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda memilih jurusan ini, yaitu sekarang ini makin banyak permintaan hunian yang nyaman sehingga menjadikan lulusan arsitektur banyak dicari untuk membauat desain rumah idaman masa kini. Selain lulusan arsitektur juga dibutuhkan oleh perusahaan developer untuk mengembangkan kawasaan seperti misalnya perumahan atau real estate. Ketika mengambil pendidikan arsitektur, maka cakupannya sangat luas ya karena anda juga bisa mendirikan kantor konsultan arsitek mandiri dan bahkan anda juga bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti mungkin pada Kementrian Pekerjaan Umum dan juga Perumahan Rakyat yang membutuhkan lulusan arsitektur di berbagai posisi.

Itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai apa itu jurusan arsitektur. Ternyata peluang kerja dari jurusan arsitektur ini luas sekali ya, jadi anda tidak usah bingung ingin menjadi apa nantinya setelah lulus karena lapangan pekerjaan dari jurusan yang satu ini sangatlah luas. Pastikan anda merupakan orang yang memiliki kreativitas yang tinggi dan memiliki rasa ingin belajar yang tinggi juga sehingga anda bisa menempuh pendidikan dengan baik. Semoga artikel ini membantu anda!