Cara Menjadikan Google Sebagai Tampilan Awal

Salah satu mesin pencari terbaik dan terbesar saat ini adalah Google. Setiap harinya, jutaan orang di dunia mengakses Google untuk mendapatkan informasi. Pengguna internet tentunya pasti mengetahui Google. Salah satu alasan Google menjadi mesin pencari populer adalah karena tampilan yang cukup sederhana dan pencarian yang relevan, cepat dan banyaknya situs website yang terindeks. Kategori yang dapat dihasilkan dari pencariannya pun cukup beragam. Pengguna bisa mencari informasi berupa gambar, berita, video dan lainnya. (Baca juga berbagai tips di https://interesnee.net/)

Lalu, pernahkah ketika Anda membuka browser, dan akan mencari suatu informasi tetapi mesin pencari yang tampil bukanlah Google ? Tenang. Anda bisa mengubah halaman awal pada browser agar langsung terakses pada Google. Jadi, tombol home pada browser akan diarahkan ke google.com. Bagaimana caranya ? Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

Menjadikan Google sebagai tampilan awal pada Chrome

  • Buka Chrome pada perangkat Anda.
  • Ketika Chrome sudah terbuka, pilihlah tombol dengan gambar titik tiga vertikal yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilihlah menu settings atau setelan yang terdapat di menu bagian bawah
  • Lalu klik menu Appearance, lalu pilih Show Home Button. Menu ini terletak nomor 2. Ubahlah setting dari Disabled ke Enable.
  • Selanjutnya, ubah pilihan dari New Tab Page menjadi URL, ketikkan http://google.com pada kolom tersebut karena kita akan menjadikan Google sebagai tampilan awal. Namun jika kita ingin menjadikan link lain sebagai tampilan awal pada Chrome, kita bisa mengetikkan URL yang kita inginkan pada kolom tersebut.
  • Langkah terakhir, Anda bisa mengetesnya dengan meng-klik icon rumah yang terletak di pojok kiri atas. Anda otomatis akan terhubung ke halaman awal Google.

Menjadikan Google sebagai tampilan awal pada Mozilla Firefox

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan. Yang pertama adalah dengan menyeret link Google ke ikon Home. Caranya cukup mudah. Anda hanya membuka tab dan mengunjungi Google, kemudian klik dan seret tab tersebut ke arah ikon Home yang terletak di kanan atas. Lalu akan muncul kotak dialog yang meminta Anda untuk mengkonfirmasi perubahan tersebut. Klik “Yes”, dan Google akan otomatis menjadi laman Home.

Cara kedua adalah dengan mengubahnya pada menu Preference.

  • Buka Mozilla Firefox pada perangkat Anda.
  • Pilihlah menu Tools atau Alat pada bagian kiri atas. Jika menu tersebut tidak muncul, Anda bisa menekan tombol Alt + F10, lalu klik kanan pada area tab yang kosong lalu pilih Menu Bar.
  • Pilih Option.
  • Lalu akan muncul menu pada sisi kiri. Pilihlah . Klik pada kalimat “When Firefox Starts”. Kemudian akan muncul menu baru dan pilihlah “Show My Home Page”.
  • Ketikkan http://google.com pada kolom kosong atau bisa juga menggunakan Use Current Page dan Use Bookmark.
  • Lalu klik Restore to Default, dan Anda akan kembali ke halaman awal Mozilla Firefox.

Cukup mudah bukan cara menjadikan Google sebagai tampilan awal ? Kini Anda tidak perlu repot untuk mengetikkan Google pada kolom URL. Semoga bermanfaat !