Jenis Foto Produk yang Bisa Anda Coba untuk Memikat Konsumen

Kita mengetahui bahwa foto produk sangat penting bagi semua pebisnis, terutama yang berbasis online. Foto produk yang ditampilkan sangat berpengaruh dalam penilaian konsumen.

Penilaian ini yang nantinya akan menjadi patokan dalam pengambilan keputusan, apakah harus membeli produk yang ditawarkan atau tidak.

Namun, tak sedikit juga konsumen yang malah merasa kecewa setelah membeli produk, karena produk asli  tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan dalam foto. Hal ini justru menjadikan reputasi bisnis menjadi buruk. (Baca tips-tips lain di https://interesnee.net)

Untuk meminimalkan risiko reputasi karena kesalahan foto produk tersebut, tidak ada salahnya menggunakan jasa foto produk. Ceritakan apa yang akan ditampilkan dan ditonjolkan pada produk tersebut. Jika Anda merasa bingung dengan apa yang Anda inginkan terhadap foto produk tersebut, berikut adalah gambaran mengenai beberapa jenis potret yang biasanya digunakan dalam sebuah pemotretan produk.

Foto Individu

Jenis foto ini paling sering digunakan sebagai foto produk. Pemotretan dilakukan pada latar belakang polos putih atau hitam dan menjadikan produk sebagai fokus utama, foto individu pada produk jika dilakukan dengan tepat akan menghasilkan tampilan foto produk yang sederhana namun dapat menarik perhatian konsumen. Contoh foto produk individu adalah foto produk ponsel.

Foto Kelompok atau Grup

Jika foto individu biasanya menggunakan satu produk saja sebagai objek, maka foto kelompok atau grup menggabungkan beberapa produk yang sejenis dalam satu foto. Biasanya produk yang akan ditampilkan terdiri dari berbagai macam warna, namun bentuk dan jenis yang sama.

Foto Komponen

Komponen produk sangat penting untuk ditampilkan. Foto komponen merupakan foto penunjang, dimana komponen yang ditampilkan akan lebih memberikan penegasan terhadap produk tersebut. Maksud komponen disini seperti bagian atau fitur tambahan yang dimiliki oleh produk tersebut.

Foto Detail

Sesuai dengan namanya, foto detail akan menampilkan detail dari produk secara lebih jelas. Teknik pengambilan gambar secara close up untuk menonjolkan fitur-fitur produk yang mungkin saja tidak terlihat.

Foto Teaser

Sebagian orang hanya mengetahui bahwa teaser merupakan cuplikan film. Teaser yang memiliki arti “penggoda” juga dapat diterapkan dalam foto produk. Seperti arti namanya, tujuan foto teaser adalah untuk menggoda dam mengundang ketertarikan konsumen terhadap produk Anda. Poin lebih dari foto teaser adalah Anda akan mendapatkan hasil foto produk yang estetik dan artistik tanpa menghilangkan detail serta fungsi produk aslinya. Contoh foto teaser adalah penggunaan model yang berpose candid yang tentunya memicu rasa penasaran konsumen terhadap produk.

Setelah mengetahui jenis-jenis foto produk di atas, tentunya Anda telah memiliki gambaran bagaimana nantinya foto produk Anda akan ditampilkan. Selamat mencoba !