Pengertian Data dan 3 Jenisnya yang Harus Anda Tahu

Salah satu tugas video editor yang harus Anda ketahui adalah memastikan jika data video yang akan diedit itu benar dan dengan kualitas yang baik. Jika tidak, video yang dihasilkan tidak akan maksimal. Apalagi jika video tersebut akan dijadikan pertimbangan misalnya untuk pembelian lahan.

Namun sebenarnya, apa yang dimaksud dengan data seperti data video? Untuk tahu lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Data

Data itu sendiri merupakan sekumpulan keterangan atau suatu fakta mentah yang tidak hanya berupa angka, kata, simbol namun juga citra seperti gambar atau video lewat proses atau sumber tertentu. Namun, ada pendapat lain yang mengemukakan jika data merupakan deskripsi dasar dari objek atau kejadian dari hasil pengamatan dan bisa diolah menjadi bentuk yang lebih kompleks.  

Biasanya data berupa dengan kata dan angka sedangkan video itu sendiri merupakan catatan tambahan yang nantinya bisa diolah menjadi suatu kata-kata. Misalnya video mengenai pergerakan kecambah yang sedang diteliti dan Anda harus membuat laporan ilmiah mengenai hal tersebut.

pengamatan pergerakan

Secara garis besar, data memiliki fungsi sebagai:

  1. Acuan dalam pengambilan keputusan suatu masalah.
  2. Pedoman atau dasar dari perencanaan ataupun penelitian.
  3. Acuan implementasi dari suatu kegiatan.
  4. Dasar evaluasi atas suatu kegiatan atau suatu hal misalnya perkembangan produk.

Jenis Data yang Harus Diketahui

Secara garis besar, data dibagi menjadi 3 yaitu berdasarkan pada sumbernya, sifatnya dan waktu pengambilannya. Pengelompokan data berdasarkan pada jenisnya yaitu:

  1.       Berdasarkan Sumbernya:
  • Data primer atau data asli yang merupakan data dari sumber tertentu dari objek penelitian.
  • Data sekunder atau data tambahan merupakan data yang diperoleh dari sumber terdahulu misalnya dari jurnal, buku atau laporan ilmiah yang sudah ada.
  1.       Berdasarkan pada sifatnya:
  • Data kualitatif: data ini biasanya dijumpai dalam bentuk suatu pernyataan verbal, symbol ataupun gambar.
  • Data kuantitatif: merupakan data yang mengarah ke pernyataan mengenai angka atau secara terbilang.
  1.       Berdasarkan Waktu Pengambilan
  • Data berkala: jenis data yang diperoleh dalam kegiatan yang berkala. Misalnya kegiatan survei penduduk yang dilakukan secara rutin.
  • Data cross section merupakan jenis data yang terkumpul di waktu tertentu. Misalnya data mengenai hasil ujian dari siswa yang diperoleh setelah melaksanakan ujian.

Dari data tersebut, baik gambar, tulisan, angka, suara ataupun video, nantinya akan bisa diolah sebagai pedoman ataupun bisa dijadikan untuk presentasi dan diubah ke dalam chart.