Perhatikan Detail Hal Ini Sebelum Desain Produk Kemasan

Perhatikan Detail Hal Ini Sebelum Desain Produk Kemasan

Dalam membuat produk kemasan, Anda tidak bisa sembarangan. Bukan hanya menyebabkan produk Anda kurang dikenal, tidak bisa menarik konsumen hingga penjualan yang menurun. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan desain produk kemasan berikut ini dengan detail agar hasilnya maksimal.

  • Nama Produk

Awas ya, perhatikan dengan teliti karena kesalahan penulisan nama produk kerap kali terjadi. Nama produk yang berbeda tentu akan membuat konsumen bingung, sebenarnya nama mana yang tepat. Bahkan, Anda bisa saja terkena masalah hukum karena nama yang tertulis sudah ada yang memiliki.

Selain itu, gunakan nama yang tidak terlalu panjang, memiliki tulisan dan pengucapan yang mudah. Tujuannya agar Anda sebagai pemilik dan juga konsumen Anda mudah untuk mengingat dan mengucapkan merk tersebut.

Selain itu, cek cara penulisannya. Pastikan jika nama produk tertulis dengan baik dan mudah dibaca. Akan sangat merugikan ketika nama produk tidak bisa dibaca dengan baik padahal potensi keuntungan usaha sangat tinggi.

  • Informasi

Cek informasi apa saja yang harus ada di kemasan. Mulai dari produsen, berat produk, kadaluarsa, produksi, komposisi, ijin, nilai gizi hingga cara pemakaian harus diperhatikan. Penyedia jasa desain kemasan makanan akan mempertimbangkan informasi tersebut dalam pembuatan wadah untuk produk Anda.

Dalam penulisannya, Anda harus berhati-hati. Seperti bagaimana komposisi antara warna kemasan dan tulisan, font dan gambar yang harus digunakan. Jika tidak, kemasan akan terlihat kurang menarik yang membuat konsumen enggan untuk membeli produk tersebut.

  • Warna

Jangan lupa untuk memperhatikan warna yang Anda gunakan. Perpaduan warna antara kemasan, produk dan juga tulisan akan memberikan pengaruh yang besar.

Misalnya, kemasan Anda menggunakan warna merah dan tulisannya juga berwarna merah. Kira-kira, apakah Anda akan mudah untuk membaca tulisan tersebut? Gunakan warna yang kontras antara warna tulisan dengan kemasan agar mudah untuk dibaca, terutama untuk nama produknya.

Perhatikan Detail Hal Ini Sebelum Desain Produk Kemasan
Perhatikan Detail Hal Ini Sebelum Desain Produk Kemasan

Cara Meningkatkan Penjualan lewat Kemasan

Jika hal di atas sudah Anda perhatikan namun penjualan tetap konstan bahkan menurun, lakuan cara desain produk kemasan berikut ini:

  1. Desain dengan warna yang lebih mencolok. Terkadang, produk bisa kalah saing karena kemasannya tidak terlalu terlihat, misalnya warna terlalu gelap. Karena hal tersebut, Anda bisa mengganti warna dengan yang lebih cerah agar terlihat lebih mencolok.
  2. Perhatikan tulisan nama produk, apakah sekiranya mudah dibaca atau tidak. Terkadang, orang mencari font yang cantik namun kurang mempertimbangkan apakah mudah dibaca atau tidak. Jika Anda adalah salah satunya, maka lebih baik gunakan font yang mudah terbaca bahkan dari kejauhan.
  3. Gunakan gambar yang sesuai, bisa gambar produk atau mascot. Dengan begitu, produk akan memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan antara jenis yang lainnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan detail terkait desain produk kemasan. Semoga adanya informasi ini bisa membantu Anda.