Tutorial Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web Yang Dapat Kamu Coba

Sebelum kamu membuat aplikasi berbasis web, baiknya kamu mengetahui apa itu aplikasi berbasis web. Jadi, aplikasi berbasis web adalah sebuah aplikasi yang dapat kamu akses menggunakan web browser yang tentunya terhubung dengan koneksi internet. Aplikasi ini dikodekan dengan bahasa pemrograman atau coding seperti HTML, python, css, php, javasciprt dan lainnya.

Fungsi aplikasi berbasis web tergantung dari tujuan aplikasi tersebut dibuat. Beberapa fungsi aplikasi berbasis web yang sering kita gunakan antara lain untuk komunikasi dan informasi. Sebut saja aplikasi untuk chat hingga platform belanja online. Selain itu ada perusahaan yang membuat aplikasi berbasis web untuk mengolah data yang akan mereka perlukan.

Untuk membuat aplikasi berbasis web, kamu harus mengetahui coding atau setidaknya paham dengan alur pembuatan aplikasi. Langkah pertama yang dilakukan adalah :

  1. Siapkan software dan bahasa pemrograman seperti yang telah disebutkan diatas. Selain itu, siapkan juga :
    • Jquery : Memudahkan kamu menggunakan JavaScript
    • Twitter Bootstrap : Membuat tampilan website lebih responsif
    • Web Browser : Media yang digunakan untuk membuka aplikasi yang dibuat
    • dan Text Editor : Untuk menuliskan coding yang akan digunakan untuk membuat aplikasi. Contohnya adalah NotePad.
  2. Buatlah kerangka dengan membuat folder agar dapat membedakan file, seperti file yang berisi file HTML. Pasang software Jquery dan Twitter Bootstrap. Kedua software ini harus ada dalam satu folder karena keduanya akan berhubungan satu sama lain.
  3. Buatlah navigasi dan form misalnya judul menu, penambahan data, edit data, daftar ataupun menu lainnya. Kemudian pasang coding agar form tersebut dapa dipergunakan.
  4. Selanjutnya kamu suda bisa mencoba aplikasi tersebut. Kamu sebaiknya mencoba satu persatu fitur yang dibuat untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut berjalan dengan baik.

Jika kamu berpikir cara di atas cukup rumit, ada cara termudah selanjutnya. Yaitu dengan menggunakan aplikasi dan situs pihak ketiga maupun menggunakan jasa pembuat aplikasi https://www.sribu.com/id/cat/jasa-pembuatan-aplikasi. Selain jasa pembuatan, kamu juga mendapatkan pelayanan untuk maintenance hingga bantuan jika kamu merasa kesulitan dalam pembuatan konten. Keuntungan lain yang dapat kamu peroleh menggunakan jasa pembuat aplikasi adalah biasanya pengembang memahami teknologi pengembangan terbaru yang akan disesuaikan dengan kebutuhanmu. Selain itu karena memiliki komponen yang cukup baik, aplikasi yang nantinya dibuat akan seimbang antara program dan desain yang mudah digunakan.

Demikian penjelasan sederhana tentang cara membuat aplikasi berbasis web. Semoga bermanfaat!